Rabu, 13 Mei 2015

Pengembangan Silabus Berbasis Karakter Bangsa




Senin, 17 Desember 2012


Pada hari Senin tanggal 17 Desember 2012 peserta MGMP menerima materi tentang Pengembangan Silabus Berbasis Karakter Bangsa mulai pukul 13:00 sampai 17:00 Wita. Peserta MGMP telah dibekali pendidikan karakter bangsa pada pertemuan pertama sehingga tidak menyulitkan bagi peserta. Ada 18 nilai-nilai yang ditanamkan dalam pengembangan silabus karekter tersebut, yaitu : Religius,jJujur, toleran, disiplin,kerja keras, kreatif, mandiri,  demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif,  cinta damai, senang membaca, peduli social, peduli lingkungan, dan tanggung jawab.Implementasi pendidikan karakter dalam silabus bahasa Indonesia disesuaikan dengan kompetansi dasar yang diajarkan.

Kegiatan dilakukan dengan penugasan. Peserta diberi tugas untuk mengembangkan  silabus berbasis karakter bangsa masing-masing dua kompetensi dasar, pada  materi semester genap baik di kelas VII, VIII dan IX, dengan batasan pada kompetensi dasar 9.1, 9.2, 10.1,10.2, 11.1, 11.2, 11.3, 12.1, 12.2,13.1, dan 13.2.

Peserta MGMP mendapat pengalaman yang sangat berharga karena mampu mengimplementasikan nilai-nilai karakter  dalam silabus pada kegiatan pembelajaran. Impelementasi nilai-nilai karakter ini bermanfaat bagi guru sebagai arah untuk menilai aspek afektif yang perlu ditanamkan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar